BPP Permadani Diksi Ajak Generasi Muda Songsong Indonesia Emas 2045 Bersama KIP Kuliah

Bidikmisi sebagai bantuan dana pendidikan tinggi dari pemerintah untuk masyarakat tidak mampu yang telah hadir selama sembilan tahun, kini bertransformasi menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Kehadiran subsidi pendidikan untuk para mahasiswa ekonomi menengah ke bawah di perguruan tinggi merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul guna menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

Karena itu, pada 27 Maret 2020 yang lalu, Badan Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional (BPP Permadani Diksi Nasional) mengadakan seminar dalam jaringan dengan tema “KIP Kuliah untuk Indonesia Emas 2045”. Seminar menitikberatkan pada pembahasan proses penerimaan mahasiswa baru program KIP Kuliah dan Bidikmisi on going dan bagaimana peran KIP Kuliah dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045.

Adapun narasumber yang hadir pada seminar tersebut diantaranya, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Aris Junaidi yang mewakili plt. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Sutrisna Wibawa, M. Pd., dan dimoderatori oleh Rizal Maula S.H., selaku ketua BPP Permadani Diksi Nasional periode 2019-2021.

Aris menekankan bahwa bantuan dana pendidikan dalam rupa KIP Kuliah sistemnya hampir sama seperti Bidikmisi, mahasiswa tetap mendapatkan subsidi biaya hidup di kampus sebesar Rp700.000 dan biaya kuliah langsung disalurkan kepada perguruan tinggi. Bedanya, menurutnya, sistem verifikasi menggunakan data kemiskinan dari Kementerian Sosial.

Selain itu, KIP Kuliah akan menggunakan sistem satu kartu. Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan kartu KIP Kuliah sekaligus sebagai kartu ATM. Sementara itu, mahasiswa on going Bidikmisi juga akan mendapatkan kartu KIP Kuliah.

“Nantinya mulai semester gasal, KIP Kuliah ini tidak lagi di Ditjen Pendidikan Tinggi, tetapi langsung di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, satuan kerja tersendiri dibawah Sekretarian Jenderal Kemdikbud,” jelas Aris.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru KIP Kuliah saat ini tengah berlangsung. Informasi dan pendaftaran dapat diakses melalui situs web KIP Kuliah. Namun, saat ini penerimaan mahasiswa baru masih terkendala dengan adanya wabah Covid-19. Sistem seleksi melalui SNMPTN terus berjalan, dengan menggunakan sistem daring. Sementara itu, pelaksanaan SBMPTN dan UTBK akan diundur sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Seleksi KIP Kuliah tetap menggunakan standar akademik yang sama dengan Bidikmisi karena KIP Kuliah hanya membantu biaya hidup dan uang kuliah tunggal,” ungkap Sutrisna, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus sebagai Sekretaris Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

KIP kuliah merupakan program bantuan pemerintah yang besumber dari APBN. Sutrisna Wibawa berpesan kepada mahasiswa bidikmisi on going dan calon mahasiwa penerima KIP Kuliah untuk bertanggungjawab atas apa yang mereka dapatkan. Para mahasiswa penerima bantuan dana pendidikan diminta untuk memanfaatkan bantuan tersebut untuk belajar, berinovasi, dan berkreasi dalam rangka menyongsong Indonesia emas 2045.

Sementara itu Rizal Maula, selaku Ketua Umum BPP Permadani Diksi Nasional menyebutkan bahwa sebagai organisasi alumni penerima Bidikmisi, senantiasa siap untuk mendukung segala peningkatan kualitas manusia indonesia melalui pendidikan. “Kami selalu siap untuk bersinergi bersama seluruh stakeholder pendidikan tinggi, pemerintah pusat beserta lembaga-lembaga terkait dibawahnya untuk ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya, dengan membantu mensosialisasikan program KIP Kuliah kepada seluruh calon mahasiswa di Indonesia. Khususnya mereka yang berada pada taraf ekonomi kurang mampu” tegasnya.

Penulis : Soleh

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan pada tahun 2020 ini nama beasiswanya berubah menjadi KIP Kuliah. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

BPP Permadani Diksi Nasional menyelenggarakan Peringatan Hardiknas

Minggu, 03/05/2020, Badan Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional (BPP Permadani Diksi Nasional) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *