Sosialiasikan KIP Kuliah, BPP Permadani Diksi Nasional Menyelenggarakan Webinar 5.0

Sosialisasi merupakan aktivitas penting dalam setiap perubahan kebijakan publik. Termasuk, transformasi bantuan dana pendidikan dari Bidikmisi menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tentunya perlu di sosialisasikan secara masif agar tersampaikan dengan baik maksud dari kebijakan tersebut.

Karena itu, sebagai organisasi yang menaungi para alumni penerima manfaat Bidikmisi, Badan Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional (BPP Permadani Diksi Nasional) memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan KIP Kuliah yang mulai berlaku Tahun 2020 kepada calon mahasiswa baru yang berada garis ekonomi menengah ke bawah.

Melalui penyelenggaraan seminar dalam jaringan yang bertajuk “KIP Kuliah Untuk Indonesia Emas 2045” pada 27 Maret 2020 lalu, BPP Permadani Diksi Nasional turut menghadirkan narasumber representatif dalam seminar tersebut. Diantaranya, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Aris Junaidi yang mewakili plt. Dirjen Dikti, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Sutrisna Wibawa, M.Pd., serta di Moderatori oleh Rizal Maula S.H., yang notabene merupakan Ketua Umum BPP Permadani Diksi Nasional 2019-2021.

KIP Kuliah, sesungguhnya sistemnya hampir sama seperti Bidikmisi, mahasiswa tetap mendapatkan penyaluran hak hidup sebesar Rp700.000 dan biaya kuliah langsung disalurkan kepada perguruan tinggi. Perbedaanya, terletak pada sistem verifikasi menggunakan data kemiskinan dari Kementerian Sosial. Selain itu, KIP Kuliah akan menggunakan sistem satu kartu. Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan kartu KIP Kuliah sekaligus digunakan sebagai kartu ATM, setelah dinyatakan lolos verifikasi faktual. Sementara, mahasiswa on going Bidikmisi juga akan mendapatkan kartu KIP Kuliah.

“Nantinya mulai semester gasal KIP Kuliah ini tidak lagi di Ditjen Pendidikan Tinggi, tetapi langsung di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, satker tersendiri dibawah Setjen Kemdikbud,” jelas Aris.

Sementara itu, Rizal Maula, selaku Ketua BPP Permadani Diksi Nasional periode 2019-2021, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan webinar 5.0 merupakan salah satu program kerja organisasi yang dinahkodainya yang  bertujuan untuk menyampaikan informasi seputar isu terkini dan peningkatan pengetahuan mahasiswa dan alumni Bidikmisi serta calon penerima KIP Kuliah.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan Webinar 5.0 ini akan menjadi awal yang baik untuk menciptakan ruang-ruang intelektual bagi mahasiswa dan alumni Bidikmisi serta mahasiswa calon penerimaKIP Kuliah” ungkapnya.

Rizal menambahkan bahwa BPP Permadani Diksi Nasional selalu siap bersinergi dengan seluruh pemerintah pusat beserta lembaga-lembaga terkait untuk berperan dalam rangka meningkatkan kualitas manusia melalui sektor pendidikan tinggi.

“Permadani Diksi Nasional ini akan selalu berkontribusi dan memberikan sumbangsi pemikiran, tenaga dan waktu untuk bersama menyongsong masa depan yang cerah untuk tanah air kita, Indonesia kita tercinta” imbuhnya.

Penulis : Soleh

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan pada tahun 2020 ini nama beasiswanya berubah menjadi KIP Kuliah. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

Webinar 5.0 : Menjadi Mahasiswa Berprestasi Nasional

Selasa, 31 Maret 2020 Badan Pengurus Pusat Persatuan Mahasiswa Dan Alumni Bidikmisi Nasional (BPP Permadani …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *