Home / Berita Wilayah dan Kampus / Buka Rahasia Jawara Fotografi Bidikmisi Skills Competition 2018 – Formadiksi UM

Buka Rahasia Jawara Fotografi Bidikmisi Skills Competition 2018 – Formadiksi UM


Malang
– Setelah resmi diumumkan para pemenang Bidikmisi Skills Competition (B-Sic) 2018 pada Senin (26/11) lalu, nama Ifana Fitri Tazkia dari Jurusan Geografi angkatan 2016 keluar sebagai pemenang dalam Lomba Fotografi tingkat Universitas Negeri Malang. Seorang mahasiswi geografi yang sudah sering mengunjungi lokasi bentang alam dan karakteristik wilayah membuat ia memiliki hobi mengumpulkan memoar perjalanan dalam bentuk foto.
Ketertarikan Ifana dalam dunia fotografi sudah dimulai semenjak beberapa tahun lalu, namun semua hasil tangkapan gambarnya hanya sebagai koleksi pribadi. Ifana yang juga merupakan seorang anggota Jurnalistik bagian karikatur di SMA ditambah dengan ia masuk jurusan Geografi membuat ia semakin sering bersinggungan dengan dunia fotografi.
“Awalnya, tidak ada rencana untuk mengikutsertakan hasil foto-foto saya dalam lomba. Namun, setelah melihat tema yang diangkat pada event Bidikmisi Skills Competition saya jadi tertarik untuk ikut.”
“Menurut saya berbagai sub tema yang diangkat sangat menarik karena relevan dengan realitas generasi milenial saat ini. Sub tema yang saya pilih yakni kearifan lokal sebab berhubungan erat dengan berbagai kegiatan saya di alam.”
Karya yang ia kirimkan mendapat sambutan baik dari Juri dan menempati posisi pertama dalam Lomba Fotografi tingkat Universitas Negeri Malang. Pada saat mengikuti Lomba Fotografi mulai dari pengambilan gambar, tahap editing, hingga upload dianggap menjadi satu proses yang dinikmati Ifana karena dilandasi niat yang sungguh-sungguh.
“Semua foto yang saya ambil biasanya berdasarkan momentum saat itu. Bagi saya, tidak harus menggunakan teknik tertentu dalam mengambil gambar.”
Ia melanjutkan bahwa tidak harus memakai peralatan yang canggih untuk mendapatkan foto yang bagus.
“Tidak juga harus memakai kamera yang bagus, yang penting adalah bagaimana cara tepat kita dalam menangkap objek. Dan untuk editing, saya hanya menggunakan editing ringan untuk menghilangkan noise saja sehingga tidak mengubah keorisinalan gambar tersebut,” ungkap Ifana.
Maka tips utama untuk membuat sebuah karya bukan terletak pada lengkapnya fasilitas yang ada, melainkan pada niat untuk mengembangkan diri dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. (Nadiyatul Falah) 

Source link

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa/i dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan telah memiliki penerima lebih kurang 700.000 mahasiswa/i. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

GemblengMahasiswa Baru Bidikmisi Menuju Era Industri 4.0 – Formadiksi UM

Malang – Senin (10/12) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) di bawaharahan Kemahasiswaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *