Home / Berita Wilayah dan Kampus / Donasi 1%? Yuk Intip Questions ‘n Answers Berikut Ini. – Formadiksi UM

Donasi 1%? Yuk Intip Questions ‘n Answers Berikut Ini. – Formadiksi UM

Malang – Rabu (14/11), Reporter Formadiksi UM News berkesempatan melakukan wawancara terkait pertanyaan mahasiswa Bidikmisi UM yang sering muncul mengenai salah satu program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM), yakni Donasi 1%. Program kerja yang dinaungi oleh Divisi Dana dan Usaha ini diselenggarakan dua kali selama satu tahun kepengurusan.

Pada pelaksanaannya, Formadiksi UM telah melakukan berbagai publikasi terkait segala hal mengenai Donasi 1%, seperti latar belakang Donasi 1%, tujuan pelaksanaan, manfaat bagi pendonasi, hingga alur berdonasi yang terangkum dalam Buku Panduan Donasi 1%. Dipublikasikan pula cara dan alur penghimpunan Donasi 1% bagi Penanggung Jawab Jurusan, Penanggung Jawab Fakultas, dan juga Pengurus Formadiksi UM yang dirangkum dalam Buku Panduan Penghimpunan Donasi 1%. Segala upaya tersebut dilakukan demi memudahkan pendonasi maupun penghimpun Donasi 1%.

Walaupun demikian, masih banyak mahasiswa Bidikmisi UM yang ingin tahu lebih mendalam terkait Donasi 1% ini. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul tersebut, maka kali ini Reporter Formadiksi UM menyajikan artikel berbentuk Questions and Answers terkait Donasi 1% tersebut. Simak poin-poin berikut ya.

  1. Apa tujuan diselenggarakannya Donasi 1%?

Tujuan utama diselenggarakannya Donasi 1% ialah untuk mendanai program kerja Formadiksi UM. Perlu diketahui pula bahwa Formadiksi UM adalah organisasi yang legal dan bersifat independen. Dikarenakan sifatnya ini Formadiksi UM harus bisa berdiri sendiri salah satunya dalam hal pendanaan. Maka Donasi 1% diadakan untuk menunjang program kerja yang telah disetujui pada rapat kerja.

  1. Digunakan untuk apakah hasil penghimpunan Donasi 1% ini?

Donasi 1% digunakan untuk kepentingan Formadiksi UM dan juga mahasiswa Bidikmisi UM. Adapun untuk kepentingan Formadiksi UM yakni terkait biaya operasioanal program kerja yang Formadiksi UM. Perlu diketahui bahwa penggunaan dana Donasi 1% dalam program kerja ini ialah terkait dengan biaya operasional saja, tidak termasuk biaya konsumsi maupun atribut bagi Pengurus Formadiksi UM dan panitia kegiatan.

Biaya konsumsi dan juga atribut yang digunakan Pengurus Formadiksi UM dan juga panitia kegiatan, berasal dari uang kontribusi mandiri dari masing-masing individu sehingga dalam hal ini tidak menggunakan dana Donasi 1%.

Bagi mahasiswa Bidikmisi UM, dana Donasi 1% dipergunakan untuk bantuan sosial ketika ada mahasiswa Bidikmisi yang terkena bencana atau musibah. Dana Donasi 1% juga digunakan untuk memberikan pinjaman bagi mahasiswa Bidikmisi UM yang membutuhkan, dengan ketentuan sebagaimana program kerja yang dinaungi oleh Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) terkait peminjaman dana.

  1. Apakah program kerja sejenis Donasi 1% juga ada di perguruan tinggi selain Universitas Negeri Malang?

Program kerja sejenis Donasi 1% juga diselenggarakan oleh organisasi Bidikmisi di perguruan tinggi lain, selain Universitas Negeri Malang. Penyelenggaran program kerja sejenis Donasi 1% tersebut dilaksanakan dengan berbagai nama atau sebutan program kerja beserta dengan ketentuan besar donasi yang diberikan beserta ketentuan wajib tidaknya donasi ini bagi tiap-tiap mahasiswa Bidikmisi. Formadiksi UM sendiri memberikan nama program kerja Donasi 1% dengan arti 1% sebagai patokan untuk berdonasi. Adapun 1% ini dihitung dari 1% dari dana living cost dan bersifat sukarela, tanpa ada paksaan atau ketentuan nominal tertentu yang ditetapkan.

  1. Apakah keuntungan atau manfaat bagi mahasiswa Bidikmisi UM yang berdonasi dalam program kerja Donasi 1%?

Dengan ikut serta berdonasi dalam Donasi 1%, berarti mahasiswa Bidikmisi UM telah berpartisipasi aktif dalam salah satu program kerja Formadiksi UM. Hal ini berarti pendonasi dapat melakukan peminjaman dari hasil donasi 1% tanpa bunga pada Formadiksi UM ketika membutuhkan dengan ketentuan dan persyaratan tertentu.

Selain itu, mahasiswa Bidikmisi UM yang telah berdonasi dalam Donasi 1% berarti juga telah ikut serta menyumbang dalam bakti sosial, bantuan sosial, ikut serta mendanai kegiatan untuk kesejahteraan mahasiswa Bidikmisi UM, dan juga ikut serta dalam menyediakan pinjaman tanpa bunga.

  1. Bagaimana dengan transparansi penggunaan dari hasil penghimpunan Donasi 1% pada kepengurusan Formadiksi UM tahun 2018 ini?

Transparansi penggunaan hasil dana Donasi 1% periode pertama (Maret – Agustus 2018) dan periode kedua (September 2018 – Februari 2019) akan dilaporkan secara keseluruhan pada akhir kepengurusan, karena penggunaan dana sendiri tidak serta merta setiap periode tertentu akan dilaporkan. Maka dengan selesainya program kerja Formadiksi UM itu akan terlihat berapa persen penggunaan dana dari hasil Donasi 1% yang dimanfaatkan.

Rekan-rekan mahasiswa Bidikmisi UM bisa mendapatkan informasi terkait penggunaan hasil dana Donasi 1% dengan terus mengikuti akun-akun media sosial Formadiksi UM, sebab segala informasi akan disampaikan di akun-akun tersebut.

  1. Apa saja inovasi pada Donasi 1% tahun 2018 ini?

Pada kepengurusan 2018 ini, Tim Donasi 1% telah melakukan beberapa inovasi. Inovasi-inovasi tersebut, antara lain sebagai berikut:

1) Pembuatan dan pempublikasian Video Alur Donasi 1%. Video ini bertujuan untuk memudahkan para pendonasi saat berpartisipasi dalam Donasi 1%.

2) Buku panduan bagi pendonasi dan bagi penghimpun. Selain video, adapula buku panduan yang telah dipublikasikan juga kepada mahasiswa Bidikmisi UM melalui Penanggung Jawab Fakultas di setiap Grup WhatsApp Official Bidikmisi masing-masing fakultas dan angkatan dengan memberikan link beserta keterangannya. Selain di Grup WhatsApp Official, pempublikasian juga dilakukan di seluruh akun media sosial Formadiksi UM. Apabila dalam video yang sebelumnya telah dipublikasikan belum terlalu jelas, dengan adanya buku panduan ini diharapkan dapat memudahkan pendonasi maupun penghimpun dalam menjalankan tugas dan meminimalisir kesalahan dalam administrasi Donasi 1%.

3) Luaran yang dihasilkan dari Donasi 1% 2018 berupa berita dan video. Berita ini berisi mengenai wawancara dengan narasumber yang baru berdonasi dan di upload di Website Formadiksi UM serta artikel terkait Question-Answer yang berisi pertanyaan sering muncul beserta jawabannya terkait Donasi 1%. Luaran video berisi statistik perkembangan hasil dan partisipan Donasi 1% per tahun serta transparansi administrasi Donasi 1% kepengurusan tahun ini.

4) Pengadaan angket sebagai evaluasi Donasi 1% yang ditujukan kepada mahasiswa Bidikmisi UM yang telah berdonasi. Di dalam angket evaluasi ini juga diberikan informasi hasil donasi dan partisipan donasi setiap fakultas yang terhimpun pada setiap periode. Angket ini disebarkan setelah semua dana terhimpun dan terekap pada Laporan Pertanggungjawaban setiap periode.

5) Data partisipan donasi 1% di upload di website Formadiksi UM. Agar memudahkan pelaporan atau transparansi kepada mahasiswa Bidikmisi UM, maka dilakukan uploading data partisipan ini di website Formadiksi UM (formadiksi.um.ac.id). Data ini juga ditujukan sebagau arsip apabila sewaktu waktu diperlukan oleh pihak lain.

6) Adanya kuitansi Donasi 1%. Kuitansi ini dibuat khusus bagi penghimpun Donasi 1% guna mempermudah penghimpunan dan perekapan Donasi 1%. Kuitansi juga telah melalui perbaikan dari periode pertama ke periode kedua dengan adanya format Nomor Kuitansi yang lebih detil, sehingga dapat dibedakan antara kuitansi-kuitansi dengan masing-masing alur pembayaran.

7) Donasi 1% dapat melalui alur online dan berdonasi langsung ke Sekretariat Formadiksi UM. Donasi 1% online yang dimaksud adalah bisa dilakukan dengan cara transfer oleh pendonasi (dimana pun dan kapan pun bisa). Donasi 1% melalui Sekretariat Formadiksi UM ini berarti pendonasi dapat berdonasi langsung ke Sekretariat Formadiksi UM di Gedung G1 Lantai 1. Selain sebagai opsi dalam berdonasi, secara tidak langsung alur ini juga berfungsi untuk memperkenalkan Sekretariat Formadiksi UM sekaligus memfasilitasi mahasiswa Bidikmisi UM apabila memiliki pertanyaan tertentu terkait kebidikmisian serta keformadiksian, sehingga dapat langsung dikonsultasikan secara langsung ke sekretariat.

Demikian beberapa Questions-Answers terkait Donasi 1% yang dihimpun oleh Reporter Formadiksi UM News pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi seluruh pembaca. (Amanatul Haqqil Ibad dan Fiqran Nurfan Pamungkas)

Source link

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa/i dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan telah memiliki penerima lebih kurang 700.000 mahasiswa/i. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

GemblengMahasiswa Baru Bidikmisi Menuju Era Industri 4.0 – Formadiksi UM

Malang – Senin (10/12) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) di bawaharahan Kemahasiswaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *