Home / Kisah Inspiratif Bidikmisi / Kisah Elisa Seftriyana, Alumni Bidikmisi penulis Buku Teks Masa Depan Kemendikbud

Kisah Elisa Seftriyana, Alumni Bidikmisi penulis Buku Teks Masa Depan Kemendikbud

BIDIK MISI, GERBANG KESUKSESANKU

Oleh : Elisa Seftriyana

Bagi sebagian orang kuliah dan menjadi sarjana mungkin adalah hal yang biasa. Tapi kuliah bagi saya adalah suatu pencapaian yang luar biasa dan merupakan sukses terbesar dalam hidup saya. Kuliah memberikan kesempatan dan pengalaman yang luar biasa, kuliah menghubungkan saya dengan impian-impian saya yang lain, kuliah mempertemukan saya dengan orang-orang hebat, dan menjadikan saya sesorang yang mampu menginspirasi orang-orang sekitar saya. Saya mendapatkan Bidik Misi setelah saya bekerja satu tahun setelah lulus SMA. Saat itu keingin saya begitu besar untuk bisa menabung, melakoni berbagai macam pekerjaan. Bekerja sebagai pemotong akar bawang, penjaga meubel, pelayan rumah makan, dan SPG, saya lakukan agar bisa mendaftar kuliah. Tiba pada suatu hari, Allah mempertemukan saya dengan seseorang yang begitu memotivasi saya. Beliau tidak lain adalah kakak tingkat saya sewaktu SMA. Beliaulah yang memberikan saya banyak informasi tentang Bidik Misi. Ya. Saat itu Bidik Misi masih begitu awam bagi saya. Berbekal prestasi 10 besar di kelas, saya memberikan diri mencoba mendaftar Bidik Misi. Saya percaya janji Allah, bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Dan kemudahan itu saya dapatkan berangsur-angsur bahkan meskipun saya mengingat masa sulit dalam hidup saya, saya hanya akan bersyukur. Tahun 2011 saya lolos SNMPTN di fakultas yang sangat saya dambakan, FKIP Prodi PPKn FKIP Universitas Lampung. Pada tahun yang sama saya juga lolos menjadi penerima Bidik Misi angkatan ke-2.

Bukan hanya perjuangan untuk kuliah tapi amanah Bidik Misi membuat semakin terpacu untuk lebih berprestasi. Kesempatan kuliah ini tidak saya sia-siakan. Selama kuliah saya aktif dalam kegiatan akademik dan non akademik. Kuliah memberikan saya kesempatan dan pengalaman yang luar biasa. Selain mendapatkan ilmu, saya menemukan passion saya, yaitu menjadi seorang pendidik. Dalam bidang organisasi, saya menjadi anggota aktif Koperasi Mahasiswa Unila pada tahun 2012 dan menjadi Ketua Bidang Pendidikan Fordika (Forum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) pada tahun 2013. Selain itu saya juga mewakili Universitas Lampung dalam event berskala nasional, Indonesia Entrepreneur Camp di Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2013 untuk mempresentasikan social preneur yang berjudul Emsu Bura Nusantara. Kemudian saya juga pernah mengikuti Youth Educators Regional Training (YERT) pada tahun 2013. Mewakili Universitas Lampung dan menjadi Finalis Olimpiade Ekonomi Syariah Nasional di Universitas Gunadarma Depok pada tahun 2014. Meraih Juara III Debat Mahasiswa Se-Sumatera di Riau pada tahun 2014. Mewakili Universitas Lampung menjadi peserta Indonesia Youth Forum di Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada tahun 2014 untuk mempresentasikan social project “Bimbel Rumah Pengabdian” dan menjadi duta promosi pariwisata Wakatobi. Kesempatan mengikuti berbagai event berskala nasional tidak lantas membuat saya melupakan dan lalai terhadap tugas akademik saya. Saya tetap konsisten menjaga amanah Bidik Misi. Saya lulus dengan masa mukim 3.4 tahun dengan IPK 3.77, dan alhamdulillah dari berbagai pengalaman saya tersebut saya menjadi Lulusan Terbaik 1 Tingkat Fakultas pada tahun 2015.

Tidak hanya prestasi, tetapi kuliah juga memberikan kesempatan kepada saya untuk bertemu dengan orang-orang terbaik di Program Studi PPKn. Saya percaya bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati perjuangan.  Pada tahun 2015 setelah saya wisuda, saya diminta menjadi Asisten Dosen di Universitas Lampunguntuk mengampu mata kuliah  Dasar-Dasar dan Perancangan Evaluasi Pembelajaran, dan Teori Belajar dan pembelajaran selama satu semester. Selama kurang lebih satu tahun saya mengabdikan diri di PS. PPKn, tentu banyak sekali pengalaman luar biasa yang saya dapatkan. Bukan hanya pengalaman, tetapi juga kepuasan batin. Terlebih saya sangat mencintai dunia pendidikan, bagi saya mengajar adalah kebahagian tersendiri. Satu tahun mengabdikan diri di universitas tercinta, kemudian saya menambah pengalaman dengan mengjar di sekolah.  Tepat di awal pertengahan 2016, saya diterima menjadi guru honorer mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 26 Bandar Lampung.

Selama menjadi guru, saya mencoba mengembangkan media pembelajaran inovatif yang saya beri nama Media Dukasan, Panduan Media Inovatif, dan Media AmUUD. Alhamduliah ketiga media saya tersebut sudah mendapatkan sertifikat HaKI. Berkat karya saya tersebut saya mendapatkan rezeki yang tiada terkira, Allah memberikan rezeki untuk saya melanjutkan S2 di Universitas Pendidikan Indonesia dengan dukungan dosen dan rekomendasi kepala sekolah tempat saya mengajar. Segala proses yang saya tulis terasa begitu singkat ini, tentu tidak benar benar membutuhkan kerja keras. Satu hal yang selalu saya tanamkan dalam hati ialah saya sudah mampu bermanfaat bagi banyak orang sebab Allah sudah memberikan jalan ini untuk saya tempuh.

Puncak dari impian tersebut ialah sekarang ini. Saya merasa Allah benar-benar ingin menujukkan kuasaNya dengan memberikan saya  tanggung jawab yang luar biasa. Tepat memasuki semester ketiga, saya lolos menjadi penulis Buku Teks Masa Depan Mata Pelajaran PPKn SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sekarang ini saya sedang menyusun buku teks masa depan yang akan digunakan untuk tahun 2021. Semoga ini dapat menjadi ladang amal bagi saya sekaligus pengabdian saya terhadap negeri ini yang telah begitu baik memberikan saya kesempatan untuk menjadi sarjana.

Terima kasih Bidik Misi.

 

Publikasi : Tim PDN dan Tim Tracer Study Bidikmisi

Kontak : [email protected]

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa/i dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan telah memiliki penerima lebih kurang 700.000 mahasiswa/i. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

Tutorial Pembaharuan Akun

Link : Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *