Home / Berita Wilayah dan Kampus / Formadiksi UM Dilibatkan dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bankesbangpol

Formadiksi UM Dilibatkan dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bankesbangpol

Malang – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Kota Malang bekerja sama dengan 20 perguruan tinggi se-Malang Raya dalam menyelenggarakan roadshow Sosialisasi Wawasan Kebangsaan. Di kesempatan kali ini (30/11), Bankesbangpol hadir di Universitas Negeri Malang. Bertempat di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) gedung O1 lantai 2, telah dihadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya. Ketiga narasumber tersebut ialah Mayor Infanteri Miftah Fuadi, KP Budi Winarto dari Polres Malang Kota, dan hadir pula Kepala Pusat Pengkajian Pancasila Universitas Negeri Malang (Lapasila UM) Dr. Didik Sukriono, S.H., M.Hum.

Dalam roadshow Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, bertujuan untuk menguatkan wawasan kebangsaan di kalangan mahasiswa seiring dengan gencarnya paham radikalisme yang tersebar. Berdasarkan wawancara eksklusif bersama Ibu Ifa Nursanti, Kasubbag MPIKA, mahasiswa UM yang dilibatkan dalam roadshow kali ini ialah mahasiswa dengan latar belakang organisasi kampus, seperti Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UKM UM) serta mahasiswa penerima beasiswa yang difokuskan pada mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Pimpinan menginginkan yang ikut acara ini adalah mahasiswa yang bergerak di bidang organisasi dan juga adik-adik yang menerima beasiswa, dan fokusnya kemarin yaudah Formadiksi UM saja yang mewakili mahasiswa penerima beasiswa, Ibu Ifa melanjutkan, Karena, kalau kami lihat, Formadiksi UM sudah solid, sudah ada forumnya, jadi itu yang lebih mudah dikoordinir.

Ibu Ifa yang sekaligus menjadi pendamping teknis di UKM Unit Aktivitas Bola Voli (UABV) UM tak lupa menjelaskan perlunya peran mahasiswa organisasi kampus, Karena kami merasa bahwa organisasi yang ada di kampus ini adalah yang mewakili mahasiswa yang ada di lingkungannya, seperti pengurus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang menjadi wakil mahasiswa yang ada di jurusannya.”

Di akhir wawancara, Ibu Ifa sampaikan harapannya untuk audiens roadshow Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang merupakan perwakilan Ormawa, UKM, dan Formadiksi UM untuk menularkan wawasannya kepada orang sekitarnya.

“Diharapkan selain wawasan kebangsaan bisa tertanam dalam diri mahasiswa yang bersangkutan, mereka bisa menularkan ke pengurus yang lain maupun anggota UKM atau organisasi tersebut, tutup Ibu Ifa Nursanti kepada reporter Formadiksi UM News. (Lucky M.D.)

//formadiksi.um.ac.id/formadiksi-um-dilibatkan-dalam-sosialisasi-wawasan-kebangsaan-bankesbangpol/

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa/i dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan telah memiliki penerima lebih kurang 700.000 mahasiswa/i. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

GemblengMahasiswa Baru Bidikmisi Menuju Era Industri 4.0 – Formadiksi UM

Malang – Senin (10/12) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) di bawaharahan Kemahasiswaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *