Home / Kisah Inspiratif Bidikmisi / Sepenggal Cerita Aku dan Bidikmisi

Sepenggal Cerita Aku dan Bidikmisi

Pendidikan dan pengembangan karakter yang dilakukan IPB kepada para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi telah banyak memberikan manfaat dan kesempatan bagi mahasiswanya untuk menyalurkan segala potensi dalam dirinya. Kesempatan berharga yang didapat para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi IPB telah menjadi barometer bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan karakter di kampus lain. Tentunya siapa yang tidak merasa bangga mendapat kesempatan berharga yang belum tentu bisa di dapatkan dari program beasiswa lain.

Inilah sepenggal cerita tentang aku dan pendidikan karakter Bidikmisi IPB. Sebuah torehan baru dalam lembar putih perjalanan perjuanganku dan teman-teman untuk bertahan dalam keadaan yang pas-pasan. Merasakan kuliah merupakan sebuah anugerah bagi diriku yang notaben-nya memang bukan orang miskin dan bukan pula orang kaya. Bidikmisi telah memberiku inspirasi dalam banyak hal, bidikmisi telah membawa diriku dan teman-teman lainnya terbawa arus positif yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya.

IPB telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan kesempatan luar biasa berharga bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisinya. Salah satunya dengan program pendidikan dan pengembangan karakter. Banyak program yang telah dilaksanakan, diantaranya berbagai seminar pengembangan kewirausahaan, seminar leadership, aksi sosial, penumbuhkembangan minat dan bakat, turun desa, outbound, program bersih kampus, dan lain-lain.

Kesempatan ini jelas tidak semua orang bisa merasakannya, apalagi mendapatkannya secara gratis. Memang, aku dan lebih dari 2500 mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi IPB patut bersyukur akan hal ini. Aku percaya apa yang aku dapatkan saat ini adalah jawaban atas doa-doa yang selama ini aku panjatkan dalam setiap jerit tangis di sepertiga malamku.

Bidikmisi jelas tidak hanya ada di IPB. Universitas lainpun ada program Bidikmisi. Perbedaannya mungkin terletak pada tata kelola. Dimana IPB begitu aktif dalam mengemban amanah dari pemerintah. Aku percaya kampus lain-pun sedang berjuang untuk membuat sebuah terobosan-terobosan baru untuk mengembangkan mahasiswanya melalui program serupa. Semoga sebuah torehanku ini akan menginspirasi teman-teman Bidikmisi dimanapun berada, dari kampus manapun kalian berasal, dan dengan latarbelakang apapun untuk selalu berjuang, bertahan, dan berkarya.

Jalan itu selalu ada bagi siapapun yang benar-benar mencarinya. Bidikmisi ada sebagai salah satu jalan untuk memutus mata rantai kemiskinan di Indonesia yang masih sangat tinggi, mari gapai asa dan mengukir prestasi bersama Bidikmisi.

Source : http://perjalanankiki.blogspot.co.id/2012/11/sepenggal-cerita-aku-dan-bidikmisi.html

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa/i dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan telah memiliki penerima lebih kurang 700.000 mahasiswa/i. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

Himadiksi IAIN Manado Bekali Soft Skills untuk Generasi Millenial

DIBIDIKMISI.COM—Dengan hanya mengandalkan kemampuan hard skills (ketrampilan) keras tidaklah cukup, harus diimbangi dengan kemampuan soft …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *