Home / Kisah Inspiratif Bidikmisi / Kisah Inspiratif “Penerima Bidikmisi Menjadi Salah Satu Wisudawan Terbaik UNJ”

Kisah Inspiratif “Penerima Bidikmisi Menjadi Salah Satu Wisudawan Terbaik UNJ”

Beasiswa Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah memberikan banyak manfaat bagi kami mahasiswa yang mempunyai semangat melanjutkan studi di perguruan tinggi namun mempunyai keterbatasan dalam hal materi. Saya Ayatullah Muhammad Resza, pemuda kelahiran 2 Februari 1996, anak pertama dari dua bersaudara dari sebuah keluarga sederhana yang hidup diramainya Kota Jakarta telah merasakan betapa berartinya Bidikmisi dalam hidup saya.

Alhamdulillah pada 6 September 2016 secara resmi saya menerima gelar sebagai seorang Sarjana Pendidikan, dan ada hal spesial yang saya dapat ketika pada hari itu saya dinobatkan sebagai salah satu Wisudawan Terbaik Universitas Negeri Jakarta 2016 mewakili Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan indeks prestasi akhir 3.87. Prestasi ini menjadi salah satu prestasi terbaik saya di akhir masa studi sebagai mahasiswa program sarjana. Menerima gelar wisudawan terbaik tidak pernah terpikirkan dalam diri saya, bagaimanapun juga kesempatan mengeyam pendidikan di bangku perguruan tinggi dan lulus tepat waktu sudah menjadi nikmat luar biasa yang Allah S.W.T. berikan kepada saya. Namun Allah berkehendak lain, memberikan hadiah ini sebagai kado terindah di hari kelulusan saya.

Menjadi wisudawan terbaik tentunya tidak dicapai dengan proses yang mudah, singkat dan datar begitu saja, terlebih sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan yang aktivitas perkuliahaannya tidak hanya di kelas tetapi juga di lapangan, saya dituntut menjadi mahasiswa yang tidak hanya mempunyai kognitif dan afektif yang baik tetapi juga psikomotor yang mumpuni untuk dapat melakukan dan menyelesaikan setiap mata kuliah teori dan praktik. Alhamdulillah, pada tahun 2014 saya berkesempatan menjadi salah satu delegasi Universitas Negeri Jakarta pada Silaturahmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan mahasiswa penerima Bidikmisi yang ber-IPK cumlaude dan menjadi Mahasiswa Berprestasi 2015 mewakili FIK UNJ untuk tampil di tingkat universitas. FIK UNJ juga terkenal dengan mahasiswanya yang mempunyai segudang prestasi di bidang olahraga, dalam hal ini saya turut berpartisipasi dengan meraih medali emas olahraga atletik nomor lempar lembing putra pada ajang Pekan Olahraga Provinsi DKI Jakarta 2013, dan pada ajang Jakarta Open (Junior) 2013 serta beberapa event lainnya dibawah asuhan pelatih saya yang merupakan seorang atlet lontar martil DKI Jakarta, yaitu Ardiansyah Apandi.

Menjadi mahasiswa bukan berarti harus membatasi diri dari kegiatan organisasi, karena begitu banyak manfaat yang saya dapatkan ketika terlibat aktif di dalam organisasi di dalam maupun di luar kampus. Menjadi organisator melatih diri saya menjadi pribadi yang bersemangat membangun pertemanan dan relasi antar mahasiswa, kepada birokrat kampus, maupun pihak luar. Dalam upaya meningkatkan diri beberapa organisasi yang pernah saya ikuti adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Olahraga Pendidikan, Forum Bidikmisi UNJ, dan Ambassador of Indonesian Culture and Tourism.

Memotivasi diri untuk terus berprestasi dirasakan begitu sulit jika hanya berbekal kuliah dan pulang ke rumah, untuk itu saya melibatkan diri dalam berbagai aktivitas kepanitiaan maupun volunteering di level kampus, nasional, maupun internasional. Berawal dari sebuah konferensi pendidikan jasmani dan olahraga yang dihelat di Jakarta pada Mei 2015 ketika saya menjadi seorang Liaison Officer telah memberikan saya motivasi besar untuk memulai debut di kancah internasional. Pada Oktober 2015 saya berksempatan mempresentasikan paper saya pada 7th Asia Pacific Conference on Exercise and Sports Science yang diselenggarakan di Faridabad, India. Capaian ini tentunya tidak lepas dari dosen luar biasa yang telah banyak memberikan arahan dan dukungannya kepada saya, yaitu Bapak Susilo, M.Pd, D.Ed.

Kini saya telah menjadi alumni program sarjana UNJ, namun rasa ingin berperan dalam kemajuan kampus khususnya fakultas masih saya rasakan, saat ini saya dibantu teman-teman dari English Department FBS UNJ yang dibina oleh Bapak Susilo, M.Pd, D.Ed mempunyai sebuah forum bernama English Corner Faculty of Sports Science. Forum ini dibentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kecakapan dalam berbahasa Inggris untuk menghadapi persaingan dunia kerja di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Saya percaya bahwa setiap wisudawan ialah wisudawan terbaik. Terlepas dari besarnya indeks prestasi akhir, jalur kelulusan dan lamanya masa studi, kita memiliki kesamaan: sama-sama berhasil menaklukan diri sendiri.”

Terima kasih Universitas Negeri Jakarta. Terima kasih Bidikmisi. Terima kasih Indonesia!

 

Ayatullah Muhammad Resza

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Fakultas Ilmu Keolahragaan

Universitas Negeri Jakarta

2012

Source : http://www.unj.ac.id/pr3/?p=576

About admin

Permadani Diksi Nasional ( Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional ) Republik Indonesia adalah organisasi mahasiswa/i dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari pemerintah republik Indonesia. Bidikmisi diluncurkan pada tahun 2010 dan telah memiliki penerima lebih kurang 700.000 mahasiswa/i. Permadani Diksi Nasional dibentuk di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Check Also

Himadiksi IAIN Manado Bekali Soft Skills untuk Generasi Millenial

DIBIDIKMISI.COM—Dengan hanya mengandalkan kemampuan hard skills (ketrampilan) keras tidaklah cukup, harus diimbangi dengan kemampuan soft …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *